Thursday, February 23, 2017

Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga Kelompok Tani






Mungkin bagi sebagian besar rekan2 udah tahu bagaimana dan apa saja kelengkapan dalam administrasi kelompok tani, di sini saya hanya berbagi sebagian kecil dari apa saja kelengkapan administrasi dlm kelompok tani.



Dalam pembentukan kelompok tani di wajibkan bagi seluruh anggota dan pengurus kelompok untuk membuat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga kelompok terlebih dahulu, atau yang sering kita kenal dengan sebutan AD & ART.

Karena Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan salah satu syarat utama bagi sebuah kelompok tani untuk mengajukan SK Pengesahan Kelompok Tani dari Desa.

  • Anggaran dasar adalah merupakan keseluruhan aturan yang mengatur secara langsung kehidupan koperasi dan hubungan antara koperasi dengan para anggotanya, untuk terselenggaranya tertib organisasi. Anggaran Dasar berfungsi juga sebagai DASAR pengambilan sumber peraturan / hukum dalam konteks tertentu dalam organisasi 
  • Anggaran Rumah Tangga adalah merupakan aturan-aturan yang mengatur tentang tata tertib dan tata laksana kegiatan dalam kelompok tani 


Berikut bisa rekan download contoh dari Anggaran Dasar Kelompok Tani dan Anggaran Rumah Tangga kelompok tani yang bisa di sesuaikan dengan kelompok tani rekan2.


  1. Download Anggaran Dasar Kelompok Tani
  2. Download Anggaran Rumah Tangga Kelompok Tani

 Sekianlah yang dapat saya bagikan...lain kali akan saya tambahkan beberapa informasi selanjutnya..bye



No comments:

Post a Comment